Rabu, 16 November 2011

"Komodo National Park"- Indonesia


 
Taman Nasional Komodo terletak di antara Pulau Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) dan Pulau Flores (Nusa Tenggara Timur). Secara administratif kawasan ini terletak di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya (Borassus flabellifer) dan perairan lautnya yang sangat indah. 

Pada tahun 1980 Taman Nasional ini didirikan untuk melindungi komodo (Varanus komodoensis yaitu reptil purba) dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.


Kawasan ini juga memiliki  terumbu karang yang jumlahnya +/- 253 spesies karang pembentuk terumbu dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.


Beberapa lokasi lain yang menarik untuk dikunjungi :
  1. Loh Liang : merupakan daerah konsesi wisata yang dikelola oleh PT. Putri Naga Komodo (PT. PNK). Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain pengamatan satwa komodo, rusa, babi hutan, pengamatan burung, bermain kano dll.
  2. Pantai Merah : merupakan pantai dangkal yang indah dengan terumbu karang yang menawan. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh turis yang berkunjung adalah snorkeling atau mandi matahari.
  3. Loh Sebita : Loh Sebita merupakan daerah mangrove dan aktivitas yang cukup menarik untuk dilakukan adalah pengamatan burung serta treking.
  4. Loh Buaya : merupakan daerah konsesi wisata yang dielola oleh PT. Putri Naga Komodo (PT. PNK). Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain pengamatan satwa komodo, rusa, kerbau, burung, monyet ekor panjang, kuda liar, pengamatan burung, bermain kano, dll.
  5. Pulau Kalong : Aktivitas yang dapat dikunjungi antara lain pengamatan koloni kelelawar dalam jumlah yang cukup besar. Pengamatan paling menarik dilakukan pada saat sore hari dimana kelelawar mulai keluar untuk mencari makan.
  6. Golo Kode : Dari puncak bukit yang dikenal dengan Golo Kode, pengunjung dapat menyaksikan panorama dan bentang alam yang cukup fantastik karena keterwakilan berbagai tipe ekosistem dapat disaksikan dari tempat ini.
  7. Selat Molo : selat yang memiliki arus deras seperti air sungai yang mengalir pada saat pasang. 
Terdapat 36 dive site di dalam kawasan Taman Nasional Komodo di antara lain yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara untuk menyelam dan snorkelling:
  1. Pulau Tatawa.
  2. Pantai Merah.
  3. Gililawa Laut.
  4. Loh Dasami.
  5. Pillar Steen.
  6. Batu Bolong.
  7. Taka Makasar.
Dan masih banyak dive site yang lainnya yang tidak kalah menarik dengan keindahan bawah lautnya. 

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites