Jumat, 07 Oktober 2011

Kebun & Hutan Raya "UNMUL " - Samarinda


Kebun Raya Unmul – Samarinda atau yang lebih lazim disebut KRUS ini terletak di sebelah utara kota Samarinda, kurang lebih 10 kilometer atau 15 menit perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota.

Sedikit kami informasikan disini, areal KRUS dulunya adalah areal HPH milik sebuah perusahaan. Kemudian pada tahun 1974 perusahaan tersebut menyerahkan kawasan seluas 300 Ha kepada Rektor Universitas Mulawarman untuk dikelola menjadi hutan konservasi atau kebun raya yang akhirnya  juga diperkuat oleh Gubernur dan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur. Pada tahun 1997 Walikota Samarinda juga kembali memperkuat supaya kawasan ini dijadikan sebagai hutan pendidikan Universitas Mulawarman.


Selain dipergunakan untuk kebutuhan riset dan hutan konservasi, KRUS menjadi salah satu objek wisata di daerah itu yang paling diminati warga. Warga yang berkunjung, menurut salah seorang petugas, bukan hanya dari Samarinda tetapi juga warga dari berbagai kota di Kaltim.


Pengelola KRUS juga menawarkan kepada pengunjung berbagai wahana wisata, mulai taman bermain, miniatur hutan Kalimantan, miniatur kebun binatang, wisata air dan berbagai hiburan lainnya. Wahana yang paling banyak dikunjungi warga pada musim liburan yaitu miniatur kebun binatang.


0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites